Inilah 4 Persiapan Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Mendaki Gunung

Menurut penuturan para pecinta kegiatan mendaki gunung banyak sekali yang tidak berhasil sampai ke puncak. Mengapa? Rupanya para pendaki yang sudah kaya pengalaman mengaku banyak yang tidak sampai ke puncak karena kurang persiapan. Didominasi oleh pendaki pemula yang memang masih minim pemahaman dan ilmu mengenai seluk beluk pendakian. Seiring berjalannya waktu para pendaki ini akan belajar bagaimana mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya bisa berhasil sampai ke puncak.

Khusus bagi pemula tentu menjadi PR yang wajib diselesaikan supaya pendakian yang dilakukan tidak berakhir mengecewakan. Salah satunya adalah dengan menyusun persiapan sebaik mungkin yang ternyata tidak sebatas pada pemakaian atribut sesuai standard dengan mutu bagus. Melainkan persiapan lain yang melibatkan persiapan dari segi fisik maupun mental, sehingga mengurangi resiko berhenti di tengah jalan. Saat sudah selesai biasanya penyesalan baru dirasakan, maka antisipasi kejadian ini dengan persiapan matang.

Persiapan untuk Sebelum Mendaki

Bagi pendaki pemula dijamin akan sedikit kesulitan untuk menaklukkan medan, agar tetap berhasil sekalipun pengalaman perdana. Baiknya Anda melakukan persiapan berikut ini:

  • Mempersiapkan otot tubuh terutama pada kaki,

Otot kaki yang kuat bisa membantu menyelesaikan pendakian dan tidak bisa didapatkan secara instan, selayaknya order baju di toko outdoor online. Anda musti mempersiapkan badan untuk bisa memiliki otot kaki dan tubuh yang prima. Salah satunya dengan rutin lari pagi seminggu menjelang pendakian, sehingga otot kaki tidak kaget saat dipaksa berjalan menanjak.

  • Kenali perlengkapan dan konsumsi yang musti dibawa,

Ketika melakukan pendakian maka ada banyak perbekalan wajib yang musti dibawa, mulai dari perlengkapan pribadi. Dimulai dari baju hangat, jaket, kaos kaki, sampai keperluan tenda maupun kasur untuk tidur jika terpaksa menginap di alam terbuka. Kemudian untuk konsumsi wajib membawa air cadangan, bisa disesuaikan dengan panjang jalur yang ditempuh. Bawa pula makanan seperti biskuit, mie instan, atau mungkin beras dan nasi matang lengkap dengan lauknya agar tidak lapar di puncak gunung.

  • Memperhatikan kesehatan badan,

Sebelum mendaki gunung Anda wajib memperhatikan kesehatan badan karena menjadi modal utama menjalani aktifitas satu ini. Selama seminggu sebelumnya usahakan istirahat yang cukup, hindari stress, dan hati-hati dengan pola makan. Sehingga tetap fit dan bugar di hari H agar tubuh siap diajak bekerja keras mendaki ribuan meter di atas permukaan air laut. Kalau dirasa sakit baiknya urungkan dulu rencana Anda, karena sakit di atas gunung malah menjadi sumber bencana.

  • Ikuti kata instruktur yang mendampingi,

Saat melakukan pendakian biasanya akan didampingi oleh instruktur yang sudah berpengalaman dengan medan yang dilalui. Biasanya instruktur ini juga merupakan orang asli di kawasan sekitar sehingga lebih paham bagaimana kondisi medan dan jalur mana yang paling aman untuk dilalui. Mengingat medan gunung tidak pernah dilalui banyak orang otomatis jalurnya belum terbentuk, maka ikuti kata instruktur agar tetap aman dan sukses sampai ke puncak.

Kegiatan pendakian memang bisa melatih fisik agar lebih kuat sekaligus melatih mental agar lebih berani, namun jangan mendaki tanpa ilmu. Sebab melakukan apapun butuh ilmu supaya aman dan nyaman sehingga mendaki sebuah gunung bisa sukses sampai ke puncak bukannya berhenti di tengah jalan. Ilmu yang dijelaskan di atas menjadi bekal utama seorang pendaki agar meminimalkan masalah setiap kali mendaki gunung.

Leave a Comment